Minggu, 25 Desember 2016

Naik Kapal Laut

Mungkin untuk beberapa orang penasaran naik kapal laut. Tapi kalau saya karena sudah sering kadang jadi membosankan ( heheh dasar ng bersyukur ya)

Saya sering naik kapal laut karena tinggal di Tangerang sedangkan kampung di Sumatera Selatan. Dan beberapa keluarga di Bangka. Jadi namanya Merak dan Bakauheni sudah ng asing lagi. Macet parah di Merak pernah juga kita rasain.

Ternyata setelah kejadian kebakaran dulu(saya lupa tahun berapa) banyak ternjadi perubahan dalam pelayanan di kapal Merak Bakauheni. Apa tambah baik? Ya saya bilang tambah baik. Perubahan yang saya rasakan adalah tambah banyak penumpang mobil menunggu di ruang tunggu kapal. Kalau dulu kebanyakan penumpang tidak turun dari mobil. Kalau dulu alasan saya sih karena males turun naik. Kalau sekarang ng boleh lagi. Bahkan yang banyak meninggal saat kebakaran saat itu adalah penumpang yang ada di mobil. Bukan yang di ruang tunggu. Karena akses pelampung di ruang tunggu itu dekat.

Nah kemarin saya naik kapal yang lumayan bagus. Beberapa peringatan yang saya catat adalah
1. Peringatan penggunaan jaket keselamatan (kayak naik pesawat ya)
2.Peringatan tidak membuang sampah
3. Tidak duduk di atas pagar kapal
4. Mematikan mesin kendaraan
5. Tidak merokok di ruang tunggu penumpang ( Alhamdullilah dipatuhi tapi ruang tunggunya panas)

Tambahan kapal yang saya naik ini Prosedur menghadapi keadaan darurat seperti kebakaran yaitu :
1.  Menggunakan  kain basah menutup mulut ketika di ruangan berasap.
2. Berjalan merangkan menuju keluar ruangan
3.Menutup kembali ruangan berasap
4. Pecahkan kaca untuk menggambil tabung pemadam kebakaran ( yang tenyata ada 3 jenis )
5.Beritahukan awak kapal tentang kebakaran
6.Tetaplah tenang ketika alaram dibunyikan
7.Ambil jaket keselamatan
8.Berkumpulah ditempat yang ditentukan
Ikuti petujuk awak kapal
9. Ikuti perintah awak kapal yang bisa jadi naik ke sekoci

Wah ternyata naik kapal juga tambah ilmu ya. Semoga transportasi Indonesia tambah baik ya. Amin. Lautan Indonesia itu adalah sebagai penghibung wilayah Indonesia. Jadi diharapkan transportasi penghubung antar pulau ini menjadi lebih baik lagi ke depannya. Semakin nyaman kita dengan transportasi yang kata saya lumayan murah ini. Agar semua kalangan tidak terhambat dalam mobilitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen donk :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...