Senin, 26 Desember 2016

Kuliner Tanjung Enim

Kenapa sih makanan ini dibeli saat kita mudik ke kampung halaman?
Alasannya bermacam-macam donk
1. Membangkitkan kenangan
2. Rasanya berbeda dengan yang kita beli tempat yang baru
3. Tidak ada yang jual selain di daerah kita
4. Harganya ngak masuk akal a.k.a murah gila
5. .......... (isi sendiri ya di kolom komentar)

Kalau saya mudik Tanjung Enim entah kenapa beberapa makanan ini rasanya beda deh kalau beli di tempat lain.

1. Nasi Gemuk

A.k.a nasi uduk kalau di Tangerang uduknya kurang rasa kelapanya dan terlalu banyak mie nya. Rasa sambalnya juga beda. Dan porsinya juga kebanyakan. Dan saya rasa terlalu rempong dengan banyak lauknya. Memang kelebihannya jadinya paket lengkap dengan lauknya juga.
Nah kalau ini Nasi Gemuknya. Harganya 3000 rupiah. Saya hampir shock . Bener-bener nie yang jualan untung apa ng ya. Menurut saya dengan porsi segitu sudah cukup. Dan bikin kita yang belum kenyang penasaran besok untuk beli lagi.


2. Miso simpang Gang Mangga

Siapa sih yang kenal. Sudah dari dulu makanan ini ada. Kalau ke Tanjung Enim. Mari cicipin miso ini. Letaknya di Gang Mangga Talang Jawa. Harganya juga murah 5000 rupiah . Jadi 10.000 kamu bisa plus gorengan.


3. Rumah Makan Padang Ampera

Ini juga legendaris. Mungkin karena masakan padangnya sudah disesuaikan dengan lidah orang Tanjung Enim ya. So sulit dilupakan. Kita kadang berpikir mungkin semakin jauh dari Padang Sumatera Barat. Rasa masakan Padang makin berkurang rasanya. Sejak kecil sudah ada dan kayaknya mewah banget gitu kalau dulu. Yeah kalau sekarang kan sudah bisa beli sendiri jadi kesannya ngak mahal-mahal amat ya hehehe.

Segitu aja sih referensinya. Yang ke Tanjung Enim bisa dicoba dech. Kalau dulu ada namanya pasar mambo. Kamu bisa beli di sana berbagai macam masakan. Entah ke mana sekarang semenjak area diganti bank. Kalau masih ada dulu suka beli : pisang molen, martabak bangka, dan sate madura. Kalau sekarang ng tau tuh pedagang pada kemana.

Nb. Always hati-hati beli bakso coz isu daging babi yang merebak. Saya juga belum tau bakso yang enak dan dapat dipercaya.

6 komentar:

  1. Nasi gemuk porsinya kurang banyak menurutku :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mungkin kurang mbak coz bapak-bapak pada pesen porsi 5000rb

      Hapus
  2. Pas banget kalau makan nasi gemuk di siang hari saat perut kukuruyuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di sini buat sarapan mbak bukan untuk makan siang. Jam 10 masih cocok lah untuk dimakan.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Naksir kayak gebetan aja y mbak hihihi

      Hapus

komen donk :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...