Minggu, 11 Desember 2016

Gerakan literasy: The Life Changing magic of tidying up

Kenapa sih saya tulis gerakan literasy. Karena baru-baru ini dunia pendidikan lagi digenjot untuk memperbanyak literasy. Literasy sendiri menurut saya termasuk kegiatan membaca,menulis, dan meneliti.

Diantara tulisan tentang literasy beberapa manfaat banyak di dapatkan yaitu berkembangnya pola pikir kita. Saya simpulkan sebagai cara pandang kita terhadap sesuatu entah itu fenomena yang lagi in , masalah, ataupun perkembangan zaman. Apabila kita kaya akan budaya literasy yang baik kemungkinan kita dapat melihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Contoh kita mendapatkan suatu isu tertentu yang mungkin bisa memancing emosi. Nah karena kita melihat dari berbagai sudut pandang serta meneliti kebenaran dari suatu isu. Kita menjadi tidak gampang terpancing emosi. Apalagi di era digital seperti ini dimana banyak sekali berita hoax yang menyebar dimana-mana. Terutama di media sosial.

Sebenernya saya sudah suka membaca dari kecil. Saya membaca buku intisari papa saya karena saya kekurangan bahan bacaan saat itu. Untuk beli majalah Bobo aja susahnya ampun dech. Banyak informasi yang saya dapatkan dari membaca majalah intisari saat itu. Saya mungkin tidak bisa menghafal pelajar dengan baik. Tapi saya akan teringat tentang sejarah sedikit-sedikit . Orang tua saya tidak pernah menceritakan tentang Tembok Berlin, tapi saya pikir saya pernah membacanya.

Untuk buku yang pertama dalam gerakan literasy ini saya pilih buku Marie Kondo. Atau terkenal dengan metode bersih-bersihnya KonMarie. Buku ini sempat bikin saya penasaran karena sebelum saya baca saya sudah lihat-lihat atau baca-baca di online dulu. Tapi harus sabar karena bukunya baru diisukan diterbitkan oleh Bentang pustaka. Alhamdullilah karena sepertinya bejodoh ketika saya ke toko buku bertemulah ini buku. Happy donk. Yang tadinya belum pasti beli buku apa tiba-tiba ada bukunya. Oh my God , seperti bertemu harta karun saja. hehehhe.

Saya baru baca sampai halaman 65. Menurut Marie Kondo bersih bersih itu membuat hidup kita berubah. Ini seperti membuka lembaran baru hidup kita .
Saya suka metode bersih-bersihnya. Jadi kita harus dengan yakin bahwa kita menyimpan barang-barang yang membuat kita bahagia dengan cara menyentuhnya.
Di sini kita juga akan membuang barang-barang yang kita tumpuk selama ini. Cara membersihkan konmarie ini adalah dengan mengumpulkan barang menurut kategorinya jadi bukan membersihkan peruangan. Yang pertama adalah pakaian. Jadi kita mengunpulkam pakaian dari seluruh penjuru rumah. Lalu dipilah-pilah lagi yang mana yang berguna dan tidak berguna. kategorinya ada pakain, buku , sampai nanti ada katagori barang-barang yang membangkitkan kenangan. Pokoknya kamu bisa baca deh sampai tekhnik melipat dan menyimpan kaos. Selama ini saya ng tahu fungsinya laci-laci pada lemari. Setelah membaca  dan menonton videonya di You Tube saya sampai beroooo ria.

Nah itu dulu ya gerakan literasy saya kali ini. Yang penasaran isi bukunya silahkan beli ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen donk :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...