Rabu, 17 Agustus 2016

Mengatur Uang

Mengatur uang merupakan hal yang bisa dikatakan susah-susah gampang. Yang jadi masalah adalah gaji naik kebutuhan naik juga. Apalagi untuk yang tinggal di perkotaan. Apa sih yang tidak pakai uang di perkotaan. Nah untuk mengatasi masalah keuangan tentu ada ilmunya. Kadang kala banyak sekali permasalah akibat dari tidak bisa mengatur keuangan. Yang banyak terjadi adalah terbelit utang. Atau gali lubang tutup lubang dan akhirnya lubang utang dimana-mana.

Apa anda percaya kalau saya memberikan tips-tips mengatur tentang uang? Saya rasa banyak yang tidak percaya! Karena Siapa saya sendiri ? hehehe. Nah untuk itu saya akan share beberapa penasehat pengatur keuangan yang sering saya ikuti nasehatnya. Tokoh-tokoh ini cukup membuka mata saya tentang cara mengatur keuangan. Kenapa sih jauh hari saya sudah mencari-cari tentang teknik mengatur uang, karena jujur gaji saya kecil. Kalau tidak pintar-pintar mengatur uang bisa tenggelam saya.

Kamu bisa membaca nasehat-nasehat mereka tentang mengatur keuangan

1. Ahmad Gozali

Nah menurut dia kita mesti menghabiskan uang kita. Tapi di jalan yang benar. Untuk itu dia kasih tips-tips mengatur keuangan.  Kamu bisa baca di twitternya atau videonya di You Tube. Menurut Ahmad Gozali yang saya simpulkan. Caranya adalah membayar zakat terlebih dahulu , saya setuju banget nie menimbulkan rasa positif, setelah itu utang, lalu menabung dan kemudian biaya hidup. Nah kamu bisa lihat secara langsung ya di You Tube karena daya tangkap setiap orang berbeda-beda. Menurut Pak Ahmad Ghozali cara mengatur keuangan harus dibalik dari yang bisanya menabung di akhir bulan ini menjadi di awal mendapatkan uang. Jadi konsepnya menabung bukan uang sisa. Karena manusia itu sulit untuk menyisakan uang. Terbalik dengan menghabiskan, yang memang orang lebih suka menghabiskan. Tapi digaris bawahin ya . Menghabiskan di jalan yang benar. Nah bukunya Habiskan Saja Gajimu. 

2. Prita Hapsari Ghozie

Ssya sudah pernah posting tentang dia sepertinya. Nah Prita Hapsari Ghozie juga banyak memberikan nasehat keuangan, bahkan saya tertarik dengan bukunya karena lihat di Gramedia. Gimana ngak kesemsem sama bukunya Judulnya Menjadi Gaya ,Cantik, dan Tetap Kaya. Buku keduanya Make it Happen. Konsepnya sama tapi Bu Prita ini menambahkan konsep Investasi. Tapi Bu Prita ini mengajarkan tentang caranya Pay Your Self  First di mana kita boleh nabung tapi tetep aja ada uang yang kita miliki untuk kita nikmati. Yah namanya juga Cewek mana ada sih yang ngak tahan beli ini itu. Nah tetapi tetep ada aturanya. Tetap Bu Prita mengajarkan pembagian dari gaji yang kita dapat. Tetep harus ada pos-pos masing-masing dari uang kita. Bu Prita juga mengajarkan tentang dana cadangan. Nah yang penasaran silahkan ya beli bukunya atau lihat di You Tube dan juga Twitter.

3. Safir Senduk
Kalau yang ini terkenal banget kayaknya. Nah kalau Pak Safir Senduk ini saya lebih suka joke jokenya tentang keuangan yang kadang kala sesuai banget dengan kehidupan sehari-hari. Nah Pak Safir Senduk ini memberikan juga nasehat-nasehat keuangan. Tapi saya tidak terlalu membaca sih karena Saya suka lihat Instagramnya aja. Lucu-lucu sih.

4. Ippoh Right, Hanya 20ribu, Ngatur Duit, dll
Nah akun-kun twitter mereka suka share nasehat-nasehat keuangan. Baca langsung aja ya.

Saya kadang iseng-iseng menerapkannya. Ada yang bisa ada yang ngak. Ada yang bilang utang ngak boleh lebih dari 30% dari penghasilam. Bagus sih memang tapi kalau di Saya sepertinya ngak bisa karena sekarang aja sudah mengambil porsi 50 %. Dan saya ingin cepat-cepat melunasinya. Fighting 
Gambate 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen donk :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...