Kamis, 14 Juli 2016

Wisata Bangka : Lubang Camui

Bangka lagi dan lagi. Kali ini wisata ke lubang camui atau lubang kolong atau danau kaolin. Lubang camui atau lubang kolong ini merupakan bekas galian tambang timah. Lubang camui ini sebenarnya banyak tapi yang terkenal yaitu lubang camui yang terletak di Desa Air Bara ( setelah di serach di google). Saya memang kadang jalan-jalan di Bangka ini nyantai banget karena ada Om yang nganter sana sini. Jadi kalau diajak jalan hayo tanpa tau letaknya di mana.

Wisata di Bangka ini memang enak tidak ada macet-macetan tapi hati-hati kalau musim hujan. Beberapa waktu yang lalu terjadi banjir di Pangkalpinang Bangka karena sungai yang mendangkal dan air laut yang pasang di Bangka. Jadi menurut saya waktu yang enak ketika bukan musin penghujan.

Wisata di Bangka bukanlah hal yang ngak mungkin karena bisa saja dalam 1 hari tanpa menginap contohnya Om saya ini suka bawa-bawa wisatawan ada yang katanya datang pagi keliling-keliling bangka setelah itu malam langsung pulang lagi.

Balik lagi ke lubang camui ini yang merupakan  bekas dari pertambang timah. Saya juga ngak ngerti ini harus disyukuri atau disedihkan, karena ada yang bilang seharusnya wilayah tambang itu dibenerin lagi setelah penambangan. Kalau di Tanjung Enim Sumatera Selatan  yang saya lihat  PTBA ( pertambangan batubara) itu menanami kembali wilayah yang sudah ditambangi. Bayangi aja abis dikeruk lapisan tanah trus ditinggalkan, Nah kalau yang saya lihat di kalender PTBA ada aktivitas penghijauan kembali. Mungkin seharusnya hal ini berlaku sama untuk tambang timah di Bangka. 

Menuju ke Desa Air Bara ini tidak sulit karena menurut saya jalan di Bangka itu lurus-lurus saja. Dari jalan utama menuju lubang camui a.k.a lubang kaolin a.k.a Danau kaolin ini tidak jauh tapi sayangnya jalannya tidak terlalu bagus. Untungnya ketika kami menuju lubang camui Desa Air Bara ini kondisi jalan tidak terlalu becek, jadi aman buat yang bawa kendaraan meskipun harus berhati-hati. Untuk letak desa Air Bara cari aja ya di google map. 

Air biru dengan tanah yang putih seperti di kawah putih ,bedanya kawah putih kita pakai masker, dingin, dan suasananya rada mistik ( itu pendapat saya saja hehehe) Nah kalau lubang camui ini suasananya panas saja. Karena saya datangnya pas bulan puasa jadi bawaan haus hehehe
Sebenernya area ini bisa dikembangkan pemerintah karena menurut om saya banyak pengunjung yang datang ke Bangka yang minta diantar ke Lumang Camui Desa Air Bara ini. Pemandangan dengan air yang biru memang mempesona pegunjung. 


Waktu di foto itu suasana lagi mendung panas gerah gimana gitu. Berhubung puasa suasana tidak ramai. Bisa dibilang sepi tapi menurut om saya kalau lagi ramai banyak orang berjualan di sana.

Iklan sedikit ya kalau mau guide + mobil bisa hubungi 

Alex 
cp. 081368588103

Nah buat kamu yang ingin melihat kondisi tempatnya bisa lihat di Video mini saya ini. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen donk :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...