Sabtu, 31 Januari 2015

#6 Dimanakah ide menulis itu ada

     Mungkin ini berguna untuk blog yang tidak secara khusus mengangkat tema tertentu. Karena kadang kala ide untuk menulis itu tidak datang, Ingin menulis tapi apa  daya apa ang harus ditulis, kadang kala saya sampai bingung mau nulis apa ya. Pernahkah teman-teman merasa yang sama? Ingin blog kita tidak terputus, tidak di up to date dalam waktu yang lama, sudah lama ngeblog tapi isi tulisan kok ng banyak-banyak. Nah saya akan memberikan saran mungkin ada yang dapat membantu atau mungkin juga sekadar saran yang bisa dicoba.

    Ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan:
  1. Buka lagi file-file foto kamu                                                                                                           Entah itu masih di kamera, di handphone di folder laptop kamu, biasanya gambar akan memunculkan ide secara tidak langsung, ada cerita dibalik gambar tersebut. Entah itu foto jalan-jalan atau foto benda-benda, pemandangan dll
  2. Ikut tan tantangan menulis                                                                                                              Ada beberapa blog yang membuat tantangan seperti 30 hari ngblog, asyik kan kamu tidak perlu mikir ide perharinya cukup ikutin rule temanya aja, so memudahkan bukan. Posting bertambah banyak dan pengunjungannya mungkin bertambah banyak ( itu sih nilai plus aja) lagi-lagi ini mungkin berlaku untuk blog yang umum saja.
Nah itu saran untuk yang lagi ng dapat ide, tapi untuk mood menulis coba deh baca kata-kata Briant Clark, yang 10 steps become writer
  1. write 
  2. write more
  3. write even more
  4. write ever more than that
  5. write when u dont want to
  6. write when you do
  7. write when you have something to say
  8. write when you dont 
  9. write every day
  10. keep writing
Mungkin menulis juga ala biasa, menggali terus dan terus, bukankah kemampuan otang manusia itu sangat mengaguman, karena tidak diasah jadinya tumpul. 

Saya melihat bahwa beberapa blog begitu gigihnya menulis , yang saya heran bisa menargetkan diri selama setahun sehari kadang kala dengan beberapa posting, i just can say WOW. Dan melihat seberapa banyak yang saya posting di blog saya sendiri. Memalukan dengan banyak alasan kita membuat pembenaran atas ketidak disiplinan kita.

Nah 2 cara menemukan ide di atas mungkin cara yang paling dekat, apa lagi yang ke dua, jangan memikirkan bagus atau jelek tulisan kita, banyak atau sedikit, panjang atau pendek. Tetaplah menulis, Ye Semangat teman-teman.


2 komentar:

  1. Kalau saya ide bersliweran saat mengerjakan pekerjaan rumah (masak, nyetrika,dll) atau saat udah mau tidur.Jadinya gak bisa-bisa tidur/insomnia.

    BalasHapus
  2. enak mbak kalau berseliweran , saya kadang malah mencari-cari, keinginan menulis sih banyak cuman yah itu nyari-nyari dulu :)

    BalasHapus

komen donk :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...