Sabtu, 24 Januari 2015

#1 : My Field TRip

Ternyata baru saya sadari kalau jadi guru itu pasti minimal jalan-jalan 1 kali dalam setahun. Yah ntah jauh atau dekat pasti jalan-jalan. Kalau dulu jalan-jalan sekolah itu identik dengan ke Yogyakarta , maklum saya kan dari Sumatera, kemana lagi coba jalan-jalan. Nah kali ini saya akan mengingat-ingat field trip yang telah lalu. Sudah 3 kali saya ikut field trip karena setiap tahun 1 kali dan saya sudah mengajar 3 tahun ini.

Tahun 2012 dan 2013 ketempat yang sama yaitu Kandang Jurank Doank

1. Kandang Jurank Doank


Sorry mayori ng ada foto autentik karena dampingi anak-anak jadi ng bawa kamera , handphone masih jadul. Enaknya disini anak-anak lebih ke alam sih. Dari menanam padi di sawah melewati sungai menangkap ikan, berperahu dengan ban di kolam dan flying fox. Jadi sangat natural suasananya plus kakak-kakak pemandunya sangat welcome dan suka bercanda. Anak-anak terhibur sekali dengan kegiatan-kegiatannya, bernyanyi bersama dan menari bersama. Sesuai dengan dunia anak-anak deh.

Nah di tahun 2014 kita ke Godong Ijo
2. Godong Ijo

Suasananya hijau dan indah kalau bisa saya bilang. Tempatnya datar jadi tidak naik turun. Nah ini konsepnya lebih ke edukasi disini anak-anak bisa belajar stek tanaman , membuat keramik, membuat batik , mengenal tanaman-tanaman , sampai melihat dan memegang hewan-hewan. Disini memang menyediakan paket-paket belajar. Jadi kalau kelas atas menyetek tanaman kelas 1-3 bisa membuat keramik. Anak-anak juga bisa membawa pulang hasil stek tanaman dan juga hasil bikin keramik. Yang bikin saya shock ternyata anak-anak sekarang pohon pisang pun ng tahu. Tapi berkat ke Godong ijo jadi tahu. Pulangnya guru dan anak-anak membawa bibit tanaman. Memancing juga bisa dilakukan, mau praktis tinggal beli ikan mas koki. Tapi anak-anak mengeluh kalau kakak-kakak pemandunya rada jutek tapi tidak semuanya. Jadi disini edukasinya bagus untuk anak-anak kelas atas antara kelas 4 sampai kelas 6. Untuk anak-anak kelas 1 sampai 3 mungkin permainannya belum terlalu banyak. 
Anak-anak akan diberi kertas tentang tanaman dan hewan-hewan. Hewan-hewannya juga unik dan ada si Bagong. Nah apa ng kenyang ni bagong setiap anak kasih dia makan, ada ular yang saat kunjungan ke 2 kalinya ng boleh terlalu banyak dipegang karena terlihat lelah. Ada taman vertikal juga disini. Nah kalau disini saya sempat berfoto-foto ria
cantik ya ala-ala hutan tropis gitu 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen donk :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...