Minggu, 27 Desember 2015

Topik-topik untuk blog kamu dan kamu

Ke mana sajakah ide-ide untuk mengisi blog kamu, kamu dan kamu. Ide buat saya juga sih sebenarnya. Habis saya sebel banget karena apa? Pertanyaan yang selalu ada itu. Saya mau posting apa y, mau nulis apa ya. Saya termasuk yang berat banget nie kalau nulis kriterianya mesti bagus menurut saya ya !!! Nah saya cari-cari ada beberapa ide yang bisa kita tiru. Saya sudah googling ini. Ide-ide itu ternyata berhamburan bagai pasir di padang pasir( mulai lebay). 

Tapi saya mau cerita dulu ya itu saya baru tau yang namanya MOZ.com ituloh yang buat liat posisi blog kita. Yang ada namanya DA dan PA , saya kok geneg banget ya. Ini blog yang coba saya rajin posting, saya rawat , saya sirami dengan rajin posting , bisa kalah sama bloq saya juga di wordpress. Ya mungkin saya termasuk yang aneh orang-orang hijrah ke wordpress saya malah ke blogspot. Apa karena di wordpress tulisan saya panjang-panjang ya. Dan dulu lumayan blogwalking ya. 

OK balik ke tema awal tentang mencari ide untuk menulis, dimanakah ide-ide dapat ditemukan. Ok sebenernya tergantung blog kamu juga sih apa membahas topic tertentu atau gado-gado. Atau blog kamu sudah ada katagorinya. Meskipun blog kamu campur-campur kamu tetep punya patokan-patokan yang ditulis. 

1. Gunakan 30 hari ngeblog

Ya coba kamu googling deh , di sana sudah disediakan tema yang harus kamu tulis setiap hari. Jadi kamu tinggal nulis apa saja. Jadi sudah ada panduan temanya setiap hari. Selama 30 hari kamu aman asal niat aja. Katanya kalau dilakukan berulang-ulang nanti perilaku akan menjadi kebiasaan. Melatih kita untuk menulis apa saja sesuai tema setiap harinya.

2. Mengunjungi suatu tempat

Tidak mesti sih tapi bila kamu punya kesempatan untuk jalan-jalan, traveling, atau apapun itu. Kamu bisa menulis apa  saja tentang tempat itu. Jangan sampai seperti saya yang menyesal karena baru ang-sadar sekarang-sekarang ini. Supaya mudah saya beri contoh ya: misalnya kamu ke Kebun Raya Bogor. Nah nie kebun luas, banyak tempat: halaman belakang istana bogor, lady raffles monument, musium zoologi, meksiko garden, jembatan merah, aliran sungai ciliwung. Nah dari semua tempat yang saya jabarkan tadi kamu bisa menulis satu persatu dalam bentuk postingan. Itu belum termasuk kalau kamu mau menjelaskan tentang tanaman yang ada di sana. Bisa jadi tanaman unik , tanaman dari pulau di Indonesia dan lain-lain. Belum lagi kalau kamu rajin buat video. wah lumayan banyak stoknya. Atau di Taman Mini Indonesia Indah, kalau kamu mau tulis seluruh provinsi di Indonesia. Kamu bakal dapat 34 postingan secara Indonesia memiliki 34 provinsi itu belum ditambah PP IPTEK, Dunia Air Tawar, Istana Boneka dan lain-lainnya loh. Haha kalau kamu tulis kereta gantung atau monorel nya TMII.

3. Blogwalking

Buka mengcopy ya tapi terinspirasi dari tulisan mereka. Kadangan tulisan yang tidak terpikirkan oleh kita ditulis orang lain. Tapi kita mempunyai pandangan sendiri tentang tema atau topik yang mereka tulis. Saya rasa selama tidak mengcopy tulisan mereka itu tidak masalah. Blogwalking sambil ninggalin komen dapat idea juga. Istilahnya sekali kayuh dua tiga pulau terlampaui. 

4. Ikut Giveaway 

Coba deh ikut giveaway setiap hari ( kalau yang ini ide gila aja) habis ikut giveaway sekarang ribet menurut saya, dari pasang barner lomba yang harus dilinkan ke web atau blog yang ngadain, like akun twitter, facebook, dan Instagram. Tapi dari pada blog kamu kosong melompong kan lumayan bisa dapat hadiah lagi. Ikutin aja bermacam giveawaynya.

5. Melihat Gambar

Kadangan melihat gambar aja bisa muncul tu ide. Tinggal buka Google kemudia geser pencarian site jadi gambar.  Dari gambar kamu  temukan bisa kamu kembang menjadi postingan di blok kamu.


Udah ya segitu dulu aja pembahasannya, besok saya sambung lagi. Saya juga lagi kejar setoran posting nie selama liburan. Karena menulis banyak sekali manfaatnya. Kamu ada ide-ide lainnya, share ya

3 komentar:

  1. Tips yang jitu buat konsisten nulis

    BalasHapus
  2. iya mbak, kalau mbak saya yakin sudah ada tips tersendiri :)

    BalasHapus
  3. iya mbak, kalau mbak saya yakin sudah ada tips tersendiri :)

    BalasHapus

komen donk :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...