Selasa, 29 Desember 2015

Resolusi Tahun Baru

Haiii tahun baru sebentar lagi nih. Sudah ada yang menulusi resolusi. Bagi saya resolusi itu adalah sebuah target.
Kenapa harus ada resolusi?
Kalau saya supaya hidup saya semangat.
Supaya saya itu ada motivasi.
Supaya greget
Supaya dari tahun ke tahun bisa dilihat progressnya
Kamu bisa membuat untuk alasan yang cocok untuk diri kamu sendiri

Apakah setiap orang wajib bikin resolusi?
Saya bisa katakan terserah balik ke diri masing-masing orang. Kalau untuk diri saya wajib.

Bagaimana cara menulis resolusi?
Saya bukan seorang yang ahli dalam bidang motivasi, tapi saya mau berbagi. Awalnya saya baca di web Jamil Azzaini. Kamu bisa buka dan cari di google. OK . Setelah baca sana-sini saya bagi tip-tipsnya yaitu:

  1. Tulis aja dulu apa yang kamu inginkan. Saya menulis dari 50 hal yang ingin saya lakukan sebelum mati. Saya menulis keingin saya sampai-sampai saya bingung apa lagi ya yang saya inginkan sebelum saya mati. Ternyata saya melihat kok hidup saya lempeng banget ya lebih ke arah pasrah. Nah tulis aja ngak usah kamu pedulikan dulu, yang penting kamu tahu yang kamu mau.
  2. Tulislah keiinginan yang nyata. Contoh: Saya ingin jalan-jalan. Ok tulislah beberapa option misalnya ke Bandung, Yogya, dan Singapore.
  3. Setelah kamu tulis semua. Kamu bisa lihat yang mana jangka waktunya bisa dicapai dalam waktu dekat, yang mana perlu ada perencanaan.
  4. Kalau baru pertama kali, saya sarankan tulis aja dulu.
  5. Jangan malu dengan resolusi kamu. Saya aja sampai tempelin foto rumah di kamar saya. Sampai om-om saya yang datang pada nanyai, may rumah siapa? jawab saya bukan rumah siapa-siapa om siapa tahu bisa punya rumah.

Trus apa lagi?
Ada yang menyarankan untuk di tempel di tempat yang terlihat supaya resolusi kamu itu diingat. Buka sekadar ditulis lalu dilupakan.

Apa yang terjadi dengan Resolusi saya?
Saya katakan semua yang terjadi karena kehendak dan izin Allah SWT. Biasanya kalau dalam kondisi tertentu saya akan buka lagi catatan resolusi saya. Kadang saya pikir keajaiban itu bisa datang karena kita yakin. Saya baca lagi list-list saya yang jumlahnya banyak itu. Saya lingkarin yang sudah tercapai. Saya tulis ALREADY. Kenapa saya bilang tulis aja semua dulu yang ingin kita mau. Kadang tanpa kita sadari target-target yang tercapai dari resolusi tahun baru kita menjadi  semangat untuk mencapai target-target kita yang lain. Dan kita menyadiri bahwa nikmat Allah itu telah kita dapat, tanpa kita sadari. 
Contoh:
Resolusi saya tahun 2013 berqurban di hari raya Idul Adha dengan hasil keringat saya sendiri. 
Alhamdullilah saya bisa beli kambing walaupun i know Its not so big goat. 

Resolusi saya tahun 2014 beli rumah >>> ini mustahil diwujudkan karena apa gaji saya kecil, dp rumah saya dapat dari mana sih?
Alhamdullilah tahun 2014 tercapai ! Kok bisa, ngak saya pungkirin memang pertolongan dari sana sini banyak khususnya orang tua saya. 

Resolusi saya tahun 2015 lunas utang perorang >>> maksudnya hutan ke orang-orang yang bikin saya ngak enak hati. Alhamdullilah dari target yang molor beberapa bulan akhirnya lunas juga.

Nikmat mana lagi yang kau dustakan.


Oke saya sudah buat resolusi dan tahun ini saya mengerucutkannya. Mencoret hal-hal di tahun sebelumnya mana yang masih saya inginkan dan mana yang sudah tidak saya inginnkan. Dan mana hal-hal yang ingin saya tambahkan.

Satu catatan yang menurut saya penting buatlah hidup kita lebih berarti. Kamu bisa membuat resolusi untuk dunia dan akhirat. Buatlah resolusi kamu tanpa beban , tanpa malu. Saya yakin itu bentuk ikhtiar kita, mau tercapai atau ngak yang penting kita sudah berusaha sebaik mungkin.

NB: Doakan ya resolusi tahun baru saya tercapai . Amin 



6 komentar:

  1. Aamiin, semoga semuanya bisa tercapai. ^^

    BalasHapus
  2. Selama ini ngak pernah punya resolusi. mengalir aja kayak air. tapi otak selalu dipenuhi target dan keinginan baru. dalam hati membara kata " harus bisa". Tapi ditempelin kayak gini perlu juga y, biar lebih semangat. thanks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini terserah masing-masing mbak selama masih ada target , kalau ditulis kan bisa diingat -ingat :)

      Hapus
  3. penting banget kalau buat aku punya resolusi. Biar ada target2

    BalasHapus

komen donk :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...