Jumat, 20 Juni 2014

Essai tentang craft

Mencoba buat essai ala lupa-lupa ingat pelajaran kuliah dulu.
kita ketahui dunia kerajinan tangan sudah kita kenal lama. Dari mana saja dunia kerajinan itu mendekat kepada kita, nah ini dia beberapa caranya: pertama melalui pendidikan, kedua melalui lingkungan rumah, ketiga melalui komunitas dan keempat melalui internet.
Mari kita bahas satu persatu... :)
pertama melalui pendidikan
Sejak TK kita lebih dekat dengan ini, saya sudah mengenal plastisin , kertas origami dari SD cuma ngak tahu aja namanya. Setelah itu di SD , sekolah saya dulu termasuk sekolah yang rajin membuat keterampilan dari bekas kertas kuning dalaman rokok, dari kawat untuk buat bunga, buat topi ulang tahun, sampai kelas enam kita free buat apa aja asalkan kerajinan tangan. SMP saya dikenalkan dengan mengecap dengan potongan wortel dan ubi setelah itu pewarnaan dengan menggunakan sisir sehingga hasilnya berupa bintik-bintik kecil dengan menggunakan pewarna wantek. Begitulah dunia kerajinan tangan dikenal melalui pendidikan.
Next melalui lingkungan rumah
Dulu saya ingat banget waktu demam buat bunga dari sedotan, semua orang berlomba-lomba buat bunga dari sedotan mulai dari yang dilipat-lipat sampai yang dibakar-bakar. Terakhir pulang kampung lagi demam buat bunga dari kantong kresek nah begitulah lingkungan menyebarkan dunia kerajinan tangan.
Ketiga melalui komunitas
dunia kerajinan tangan merupakan salah satu alasan orang membuat komunitas. Kominitas sekarang banyak salah satunya dunia kerajinan tangan dari yang perkumpulan umum sampai yang khusus. Contonya perkumpulan patchwork atau ibu-ibu PKK yang aktif buat kerajinan tangan. Selama komunitas melakukan kegiatan yang bermanfaat kenapa ngak :)
Keempat melalui internet
Dunia dengan adanya internet membuat perkembangan informasi , kalau kita tertarik terhadap sesuatu bisa langsung dicari. penasaran bikin ini kita cari di om google. Jadi hambatan untuk informasi semakin kecil. Contohnya kamu penasaran bikin sabun, kamu bisa cari cara dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sabun.
Kesimpulannya mari berkarya teman-teman dengan kegiatan yang bermanfaat salah satunya kerajinan tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen donk :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...